Kebiasaan dan Perkembangan Budaya Suku Mee

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Like Kami

Kebiasaan dan Perkembangan Budaya Suku Mee

Sepi S. Boma
Rabu, 10 Juni 2020
Kebiasaan dan Perkembangan Budaya Suku Mee
Ekadide Budaya Suku Mee Saat SMP N E/ Seni Budaya
(ist Dok : M. Yogi)


Budaya memang harus di lestarikan namun untuk melestarikanya kita membutuhkan suatu komitmen dan rasa memiliki dalam diri seseorang individu. Budaya pada dekade akhir-akhir ini merupakan suatu wacana memang jarang di perbincangkan oleh banyak orang mengapa karena mereka mengangap bahwa itu merupakan hal klasik dan merupakan suatu momok memalukan untuk diri mereka sendiri.

Siapa suku mee itu ?
Siapa suku mee itu? Suku mee adalah salah satu suku dari 312 suku yang ada di papua. Suku mee mendiami di wilayah pegunungan tengah papua bagian barat. Ciri khas wilayah suku mee adalah di sekitar danau paniai, danau tage, danau tigi, lembah kamu (sekarang dogiyai) dan pegunungan mapiha/ mapisa. Namun, kini secara administrasi pemerintahan suku mee berada di sepuluh distrik dari kabupaten paniai dan empat distrik dari kabupaten nabire.

Arsitektur tradisional suku Mee Papua

Berikut ini adalah salah satu dari berbagai macam suku di papua yang memilki nilai-nilai, bentuk dan ukuran, serta ungkapan jiwa melalui arsitektur yang sangat berbeda. Tulisan berikut ini adalah salah satu suku mee yang berhasil dihimpun melalui suatu penelitian “survei” pada beberapa waktu laktu lalu. Dalam penelitian “survey” yang berjudul “studi tipologi dan kearifan arsitektur tradisional suku mee papua” itu berhasil dikumpulkan data dan fakta di lokasi penelitian yang dimaksud. Pada akhirnya menemukan beberapa tipe arsitektur tradisional yang dimiliki oleh suku mee paniai papua yang di bahas berikut ini.



Penulis     : M. Yogi
Editor      : -