Anak Mudah Kampung Ekamoma : Akui Banyak Orang Pegang Sensor

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Like Kami

Anak Mudah Kampung Ekamoma : Akui Banyak Orang Pegang Sensor

Sepi S. Boma
Senin, 06 Juli 2020
saat sensor belah kayu dihutang ekamoma 
(Ist Dok : Pribadi oni yatipai/Literasi)



JAYAPURA | Literasi - Oni Yatipai sedang sensor kayu di ekamoma, Sensor kayu adalah aktivitas laki-laki tua maupun muda untuk “berburu” kayu-kayu di tengah hutan dan kemudian dijual kepada penadah kayu yang berasal dari kampung ekamoma, yang rela datang atau memasang “orang-orangnya” di Kampung ekamoma. Mereka, para penadah kayu ini biasanya berani untuk memberikan uang di muka kepada warga kampung Ekamoma untuk mendapatkan kayu langsung dari warga.

Karena tuntutan (ekonomi), maka masyarakat dengan berbagai cara mencari kayu di hutan-hutan di sekitar kampong . Anak-anak muda yang akan menebang kayu, jika ditanya oleh warga akan menjawab. Ungkapan tersebut berarti bahwa akan pergi ke hutan untuk mensensor kayu.


Kayu-kayu yang berada di hutan-hutan marga Suku dan bangsa di ekamoma. dan masuk ke wilayah Taman Nasional Ekamoma jika terus disensor akan Akan Membuat Sebuah Rumah Dapur. Salah satu Seorang tua, sampaikan anak itu harus tingkatkan pegang sensor, sesuai tenaga dan kemampuan sebatas tenaga, kayu di hutan-hutan Ekamoma, Harus kita sensor melihat dengan rumah kita dapur kita sumber penghasilan para warga kampung Ekamoma.

Orang tua sampaikan: Kita memikir dengan anak-anak kita ke depan. Karena anak-anak kita mudah sebagai harapan yang sukses selalu, Yang Bisa Mampu Pegan Barang Sesuatu kita Melatikan dengan baik-baik agar mereka boleh Mampu Sensor,  yang bisa olah tanah. Kita ke hutan-hutan terus karena dimanja oleh alam. Hutan su sediakan semua.

"yatipai sampaikan juga: kakak kami Bapak Kami Yang ada di kampung ekamoma siapa dia yang merasa diri bahawa tebang kayu untuk Mau buat Rumah Atau Dapur Saya Akan Tunggu Info dari bapak-bapak saya khususnya kampung Ekamoma Saya Mampu Belah Kayu" 

Kata Oni : Melihat dengan jaman sekarang ini Umur Saya  kebanyakan yang tidak mampu pegan sensor, sebab Saya bisa pegan Sensor, belahan Kayu di hutan Ekamoma, dan teman-teman yang dari Kampung Ekamoma Kebanyakan yang Mereka bisa Aku Saya.



Penulis    : Selpianus

Posting   : M. Yogi/Literasi